Rumah maya senilai 15juta dolar AS

Rumah Maya Senilai 15 Juta Dolar AS
Lucky Savitri

Ennis House karya Frank Lloyd Wright di LA, AS.
20/06/2009 09:51 | Arsitektur
Liputan6.com, New York: Broker rumah mewah Christie’s Great Estates mengumumkan rencana penjualan karya terkenal arsitek dunia Frank Lloyd Wright, Ennis House, yang pernah menjadi lokasi pengambilan gambar film “Blade Runner” dengan harga 15 juta dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp 150 miliar. Hal ini diumumkan Christie’s, Jumat (19/6) waktu setempat.

Berada di atas tanah seluas 6.000 kaki persegi, rumah ini akan dijual oleh Ennis House Foundation, yang telah menyelesaikan restorasi bangunan ini dari kerusakan akibat gempa bumi dan hujan lebat. Pada 2005, Ennis House masuk dalam daftar bangunan bersejarah yang paling terancam kerusakan.

“Tujuan kami adalah menjadi pelayan rumah yang baik,” kata Presiden Ennis House Foundation, James DeMeo. “Kami telah membuat banyak kemajuan. Tetapi saat ini pemilik swasta, dengan visi tepat dan cukup modal, dapat merawat rumah ini dengan lebih baik daripada yayasan kecil non-profit seperti kami.”

Terletak di puncak bukit di kawasan Los Feliz, Los Angeles, AS, tepat di selatan Griffith Park, kompleks ini mengambil inspirasi dari suku Maya yang misterius dari Amerika Tengah. Dibangun pada 1924, dengan 27 ribu balok beton berukuran 16 inci, rumah ini adalah satu dari empat rumah textile block karya Wright, arsitek legendaris asal AS.

“Saya sangat mendukung Ennis House kembali menjadi milik swasta,” ujar cucu sang arsitek, Eric Lloyd Wright. “Kakek saya mendesain rumah ini untuk ditempati manusia. Rumah karyanya adalah karya seni. Dia menciptakan ruang, tetapi ruang tersebut dapat menjadi kekuatan kreatif tersendiri dan terangkat derajatnya ketika ditinggali setiap hari,” lanjut Wright yang juga menjadi anggota dewan direktur Ennis House Foundation.

Pemilik swasta terakhir telah menyumbangkan rumah tersebut ke yayasan publik pada 1980. Saat itu diperkirakan dibutuhkan lima hingga tujuh juta dolar AS untuk melakukan pemugaran.

Direktur Ennis House Foundation lainnya, yaitu bintang film Diane Keaton, juga akan berpartisipasi membantu penjualan rumah yang pernah digunakan untuk pengambilan gambar episode serial televisi “Twin Peaks” dan “Buffy the Vampire Slayer”.

Penjualan rumah ini akan ditangani oleh Hilton & Hyland and Dilbeck Realtors, dengan asistensi Christie’s Great Estates, cabang dari Balai Lelang Christie’s.

Wright, yang meninggal dunia pada 1959, adalah salah satu arsitek dunia yang menghasilkan banyak karya mengagumkan. Wright mendesain rumah, gereja, dan perkantoran seperti Johnson Wax Headquarters di Racine, Wisconsin, dan juga mendesain ruang publik antara lain Museum ‘Spiral Putih’ Guggenheim di New York. (REUTERS/LUC)

~ by akromudin on July 2, 2009.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: